Langsung ke konten utama

Apa Itu Kopi Arabika?

Kopi Arabika adalah salah satu dari dua spesies tanaman kopi yang ada berada dalam budidaya secara global. (yang lainnya adalah C. Canephora, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Kopi Robusta). Arabika adalah spesies kopi yang dominan di Amerika Tengah, dan selatan, dan sebagian besar Negara Afrika Timur, dan dianggap menghasilkan kualitas cup tertinggi.  Spesies Arabika terdiri dari banyak varietas atau kultivar/jenis-jenis yang berbeda yang dapat bereproduksi secara seksual satu sama lain.
Untuk dianggap sebagai varietas arabika yang dapat dimasukkan dalam katalog ini, varietas harus memenuhi standart berikut ( berdasarkan definisi varietas yang diberikan oleh Uni International untuk perlindungan varietas tanaman baru (UPOV)):
  • Varietas Yang Seragam. Hal ini dapat dijelaskan dan ditentukan oleh  satu set kateristik dan semua jenis tanaman yang terlihat sama.
  • Varietas Yang Berbeda. Hal ini dibedakan dari berbagai macam varietas  dan set kateriskik diatas.
  • Varietas Yang Stabil. Varietas dapat direproduksi sedemekian rupa sehingga kateristiknya tidak berubah pada generasi tanaman berikutnya.
Varietas Arabika yang paling dikenal adalah varietas yang memenuhi standart di atas. Namun, beberapa ada yang tidak. Sebagai contoh, Varietas Catimor dan Sarchimor bukanlah varietas yang berbeda jika kita mengacu pada definisi ini. Tapi ada juga beberapa Kopi seperti Reremal dan Sweet Meriah Tidak memenuhi definisi di atas karena tidak seragam dan stabil dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tapi kedua produk tersebut masih bisa dikategorikan dalam Kopi Arabika karena umumnya dikenal oleh petani dan tumbuh luas di kawasan Varietas ini, tetapi penting untuk mengetahuinya bahwa mereka tidak memiliki keseragaman dan stabilitas dan karenanya tidak memenuhi definisi varietas yang dipaparkan disini.

Berbagai Tipe Kopi Arabika Adalah :

Ada berbagai jenis biji kopi Arabika yang disebut kultivar, yang semuanya dikenal karena berbagai rasa dan cirinya. Meskipun beberapa kultivar berkembang lebih baik di bawah beberapa kondisi geografis daripada yang lain, mereka tidak mengacu pada wilayah di mana kopi tertentu ditanam. Sebaliknya, mereka adalah hasil dari berbagai botani ketika spesies yang berbeda atau sub spesies yang kawin silang.
Dari banyak kultivar yang ada, beberapa yang paling populer disebutkan di bawah ini:
kopi arabika

Typica

Kultivar ini dapat ditanam di daerah penghasil kopi. Ini adalah kultivar dari mana banyak kultivar lain telah dikembangkan. Pohon kopi Typica memiliki batang utama dengan batang sekunder yang tumbuh sedikit miring. Cabang lateral membentuk sudut sekitar 50-70 ° dengan batang vertikal untuk memberikan pohon berbentuk kerucut keseluruhan. Meskipun pohon kopi typica memiliki hasil yang rendah, mereka tetap menghasilkan kacang yang lezat dan berkualitas tinggi.
ciri khas kopi arabika

Bourbon

Ada banyak varian bourbon; seperti Typica, banyak kultivar dikembangkan dari Bourbon. Awalnya dikembangkan oleh Perancis pada tahun 1708, tanaman khusus ini dibudidayakan di sebuah pulau di Samudra Hindia yang disebut “Bourbon” yang sekarang dikenal sebagai Reunion. Bourbon memiliki daun yang lebih luas dan ceri yang lebih besar daripada Typica. Seperti typica, ini juga merupakan tanaman berbentuk kerucut. Bourbon menghasilkan 20-30% lebih banyak buah daripada Typica dan menghasilkan minuman yang kaya rasa.
pohon kopi arabika

Caturra

Ditemukan di Brasil, dan dinamai berdasarkan kota tempat ditemukan, kultivar ini adalah versi Bourbon yang diubah. Meskipun ditemukan di Brasil, itu tumbuh lebih baik di Kolombia dan Amerika Selatan untuk menghasilkan minuman semarak dengan esensi zesty. Seperti Bourbon, ia memiliki daun lilin lebar dengan pinggiran bergelombang; Namun, lebih pendek dengan penampilan tebal dan lebat. Meskipun Caturra memiliki hasil yang lebih tinggi daripada Bourbon, ia menghasilkan minuman yang lebih ringan dan membutuhkan banyak perawatan untuk berkembang.
kopi arabika gayo

Catuai

kultivar ini adalah hasil persilangan antara Caturra dan Mundo Novo. Seperti Caturra, Catuai adalah tanaman pendek dan lebat yang menghasilkan hasil tinggi. Catuai membutuhkan banyak perhatian dan pemupukan untuk berkembang, dan menghasilkan ceri kuning atau merah yang menghasilkan rasa seperti buah.
kopi arabika

Mundo Novo

Ini adalah hibrida yang dibentuk pada 1940-an sebagai hasil persilangan kopi Bourbon dan kopi Typica. Kultivar yang berproduksi tinggi ini tahan terhadap banyak penyakit, dan panennya sedikit lebih lambat dari jenis kopi lainnya.
kopi arabika adalah

Blue Mountain

Tumbuh di Jamaika, kultivar ini muncul sebagai beragam kopi Typica dan dikenal karena ketahanannya terhadap penyakit berry kopi. Kopi Blue Mountain tumbuh subur di dataran tinggi dan umumnya tumbuh di Blue Mountains of Jamaica setelah diberi nama.
Masih sangat banyak jenis kopi yangg belum kita eksplorasi di dunia kopi, masih banyak hal yg belum kita ketahui, maka dari itu dengan menyeduh kopi setiap harinya akan secara tidak langsung membuat industri kopi ini lebih maju dan menghasilkan banyak pengetahuan2 baru di kopi. Jangan lupa ngopi kawan kopitree, beritahu kita di kolom komentar jenis kopi yang mesti kita bahas di postingan selanjutnya!


BACA JUGA : 12 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kopi Wine Aromanya Bikin Kita Melayang

Kopi wine  mungkin banyak yang  belum tahu tentang kopi ini, begitu kita mendengarnya . Pasti akan muncul pertanyaan banyak di benak kita, paling tidak bertanya dalam hati “ini jenis kopi apa lagi”? Rasa penasaran ini karena nama “wine” adalah minuman anggur yang mengandung alkohol. Lalu apakah rasanya sama seperti minuman wine anggur, dan apakah kopinya mengandung alkohol ? Namanya muncul di tengah naik daunnya industri kopi. Khususnya tentang beragamnya jenis kopi, seperti kopi peaberry,kopi longberry dan nama kopi lainnya. Siapa yang membuat nama tersebut penulis belum tahu tapi penulis akan mengunggkap sebab di sebutnya “ kopi wine” ini. Aromanya inilah yang menyebabkan namanya di sebut “kopi wine” karena aromanya mirip benar dengan minuman wine anggur. Lalu apakah rasa kopinya jika di seduh rasanya seperti wine, maaf saya belum pernah minum wine anggur. Tapi menurut yang pernah aroma yang lebih mirip kalau rasanya tidak,hanya sedikit saja. Teknik pembuatan minuman ini sangat

Kopi Longberry I Trens Kopi Arabica Specialty

Sesuai dengan namanya Long = panjang, kopi ini memiliki panjang yang berbeda dengan kopi yang lain, di dataran tinggi gayo kopi longberry  dipilih atau diambil dari varietas kopi Abesenia, karena ukuran buah kopi ini memiliki ukuran yang panjang. Kopi Longberry I Trens Arabica Specialty Dalam prakteknya kopi yang dihasilkan dari varietas Abesenia ini disebut dengan kopi longberry, ketika panen dan diproses sampai jadi green bean kopi yang benar-benar panjang dipilih dan dipisahkan, karena tidak semua hasil panen dari jenis abesenia ini menjadi kopi longberry,hanya 40-60 % saja yang panjang biji kopinya nah inilah kopi yang dipasarkan dan diproses lebih lanjut, baik sebagai kopi roasted longbery atau bubuk longberry. Persentase Persentase kopi yang dihasilkan yang benar-benar panjang dari varietas ini berbeda-beda sangat tergantung pada sistem budidaya kopi yang dilakukan oleh petani, petani yang merawat kebunnya dengan sistem budidaya yang baik dengan didukung oleh tanah yang sub

Label Halal untuk Semua Produk Asa Kopi

Kopi yang memiliki label halal merupakan tuntutan pasar karena mencerminkan keamanan sebuah produk yang secara umum dapat dikatakan bahwa produk yang telah diberi label halal itu tidak ada mengandung najis atau kotoran. Sertifikat halal ialah fatwa tertulis majelis ulama Indonesia MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk termasuk kopi sesuai dengan syari’at islam. Sertifikat atau label halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantumam label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Label halal itu dikeluarkan oleh majelis ulama indonesia dengan memberikan sertifikat halal dengan mencantumkan nomor sertifikasi, kami Asa coffee memiliki label halal dengan nomor : 14120000010516 produk halal yang disahkan adalah Label halal untuk kopi arabika specialty, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi luwak liar arabika gayo, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi robusta gayo