Langsung ke konten utama

Cita Rasa Kopi Luwak yang Enak, Apa Penyebabnya?

Kenapa kopi luwak enak rasanya....apa ada yang bisa jawab (tanya lagi, udah dibilang kita cari jawaban) ok...ok saya yang jawab yaa. Kopi luwak enak karena diproses melalui perut hewan musang, begini ceritanya hewan luwak/musang memiliki makanan pavorit buah-buahan salah satu  buah-buahannya adalah buah kopi. Buah kopi yang dipilih untuk dimakan oleh hewan ini adalah buah kopi yang benar-benar mearah dan lebih harum aromanya walaupun buah kopi tersebut dalam satu bokahan (satu kokol/bahasa Gayo) ini sama seperti manusia ketika buah-buahan contohnya buah anggur yang dipilih pasti yang paling manis dulu baru yang kurang manis terus yang nggak  manispun habis , itu manusia.
Luwak juga sama memilih kopi yang paling mantap masak dan aromanya karena buah kopi yang tersedia jumlahnya sangat banyak puluhan pohon bahkan ratusan pohon kopi sehingga tidak mungkin dia memilih yang asem atau yang cacat bahkan nggak mungkin yang aromanya nggak bagus. Pengen coba datang dan cicipi aja ke cafe shop Asa Coffee.
kopi luwak
Penjelasan diatas masih proses pemilihan kopi oleh hewan luwak/musang, lalu apalagi yang menyebabkan rasanya enak. Setelah musang ini memilih buah kopi yang manis dan matang sempurna lalu buah tersebut ditelan dan masuk kedalam perut. Nah dalam perut musang inilah proses perubahan rasa kopi yang enak dimulai. Kenapa demikian karena perut luwak/musang hanya menyimpan (permentasi)untuk diambil lendir/pulpa oleh usus luwak untuk makanan karena mengandung manis/glukosa dan lain-lain dalam waktu yang sangat-sangat pas dengan tempratur tertentu dan waktu tertentu inilah tercipta rasa kopi luwak enak,oya..ada satu lagi faktornya yaitu didalam perut luwak/musang ini terdapat juga sisa-sisa makan luwak yang lain seperti daging-daging hewan atau sari pati buah yang dimakan terserapsehingga menjadilah kopi luwak enak.

Rasanya Meresap Sampai Biji Kopi

Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa sampai bisa masuk rasanya itu kedalam biji kopi, lalu kopi luwak enak, nah ini dia... kopi itu memiliki sifat yang disebut dengan Higroskopis artinya menyerap dan melepas air, ketika biji kopi berada di dalam perut luwak biji kopi tersebut menyerap semua aroma (aroma buah manis) yang ada dalam usus luwak tersebut sehingga kopi luwak yang asli hanya kita ketahui dari aromanya yang khas.. yaitu aroma dari perut luwak harus sama dengan aroma kopi luawak.
Hal inilah yang perlu diketahui jika ingin membeli mana yang asli mana yang palsu. Lalu mana kopi ternak dan mana yang liar karena jelas kedua kopi luwak tersebut memiliki ciri-ciri (tidak pakai”T”) masing-masing.

Kopi Luwak Liar

Saya tanya dulu kenapa dikatakan kopi luwak liar.? Apakah kopinya yang liar..? jawabanya bukan, yang liar adalah musangnya atau luwaknya. Kenapa muncul ada kopi luwak liar dan ternak, karena yang beredar di pasaran bersumber dari alam (liar) dan yang diambil dari hasil penangkaran luwakdan dipelihara di kadang-kandang dan diberi makan buah kopi cery lalu menghasilkan kopigabah kotoran luwak.
Kenapa jenis ini lebih di Minati dari Sisi :
  • Kehewanan (lingkungan) dan dari segi cita
  • Rasa yang dihasilkan.

Dari sisi lingkungan

Bahwa pencinta binatang dan pencinta lingungan tidak suka produk ini karena dipasarkan itu bersumber dari hewan yang dipelihara karena selama ini hewan tersebut hidupnya dialam liar, karena kebutuhan kopi tersebut muncul ide untuk menangakarkanya (diperlihara dalam sangkar), sebagian lagi khwatir jika hewan yang dipelihara tersebut tidak terpelihara dengan baik sehingga heawan luak menjadi sengsara. Sebagian tidak masalah karena dia yang memelihara dengan penuh kasih dan ayang, nah..ini tergantung siapa yang menilanya ok.

Dari citarasa

Kalau dari cita rasa tentu yang liar lebih memeiliki citarasa yang luar biasa enak, karena diproleh dari hewan luwak/musang liar sehingga heawan ini bebas makan di alam hutan blantara dan tentu akan memperkaya gizi (eh...emangnya musang ini ada yang bergizi? Apa) yang diproleh dan dicerna bersama kopi yang dimakan dalam perutnya. Nah... hal inilah yang membuat kopi luwak liar tersebut lebih enak dan lebih mahal harganya. Bisa kita umpamakan jika ayam kampung dan ayam pedaging yang di ternakan di sajikan pada menu makanan tentu akan orang lebih banyak memilih ayam yang dikelola dikampung, tapi orang yang sudah lama di kota atau orang bule mukin tidak suka karena takut jorok..eh entahlah kok jadi membahas ayam kampung sih..he..he
kopi luwak terbaik

Kopi Luwak Ternak

Di dataran tinggi gayo luwak ternak sudah punah. Dikatakan kopi ternak karena kopi yang diolah tersebut di hasilkan dari pemeliharaan hewan musang yang diternakan, musang ini dipelihara dalam kandang-kandang terpisah dan drberi makan sesuai dengan kebutuhan menurut pengakuan penangkar luwak setiap seminggu sekali minimal dberikan daging ayam agar tetap terjaga kesehatnya tersebut dan produk yang dihasilkan tetap berkualitas baik, tapi sehari-hari hewan tersebut disuguhi pisang, jambu biji, nangka dan buah-buahan kebun lainya, untuk pemberian biji kopi cerry (yang ,asih berkulit) itu diberikan pada malam hari, sehingga pada pagi harinya dapat di panen.
Hewan luwak yang ditangkarkan tersebut kalau sudah terlatih maka akan memisahkan biji kopi kotoranya pada khusus satu tempat, sehingga tidak berbaur dengan kotoran lainya, tapi yang belum “berpengalaman” di tangkar masih belum bisa memisahkan kotoranya dengan biji kopi dari kotoranya yang khusus biji...? aneh yaa..itulah kelebihan hewan yang bernama luwak ini dia berprilaku bersih dan membuang kotoranya pada satu tempat tertentu dan itu merupakansifat alami luwak, terkecuali yang baru, mungkin karena gugup dan takut sehingga tidak memperdulikan kebersihan untuk beberapa waktu hanya berkeinginan untuk bebas seperti biasanya.
Jika hewan luwak atau musang ini dipeliahara dari kecil, banyak peternak yang dapat melepasnya dan kembali lagi ke kandang, sehingga menjadi binatang atau hewan yang jinak dan akrap dengan pengasuhnya. Enaknyaa punya hewan piaraan yang bisa stor biji kopi pinginn ahh. Coba bayangkan kalu kita punya hewan piaraan musang 5 ekor saja dan setiap hari stor biji kopi 250 gram sampai 500 gram bisa dapat penghasilan kopi luwak basah 2,5 kg...aduh enaknya. Ini sama dengan kita piara tuyul ha..ha..ha. karena klu dikalikan dengan harga basah dan belum di proses antara 100 ribu sampai 150 ribu jadi berapa rupiah tuuu ayo coba ambil kalkulator..ha..ha..ha.


BACA JUGA : Varietas Kopi Gayo yang Telah di Sahkan Oleh Pemerintah

Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kopi Wine Aromanya Bikin Kita Melayang

Kopi wine  mungkin banyak yang  belum tahu tentang kopi ini, begitu kita mendengarnya . Pasti akan muncul pertanyaan banyak di benak kita, paling tidak bertanya dalam hati “ini jenis kopi apa lagi”? Rasa penasaran ini karena nama “wine” adalah minuman anggur yang mengandung alkohol. Lalu apakah rasanya sama seperti minuman wine anggur, dan apakah kopinya mengandung alkohol ? Namanya muncul di tengah naik daunnya industri kopi. Khususnya tentang beragamnya jenis kopi, seperti kopi peaberry,kopi longberry dan nama kopi lainnya. Siapa yang membuat nama tersebut penulis belum tahu tapi penulis akan mengunggkap sebab di sebutnya “ kopi wine” ini. Aromanya inilah yang menyebabkan namanya di sebut “kopi wine” karena aromanya mirip benar dengan minuman wine anggur. Lalu apakah rasa kopinya jika di seduh rasanya seperti wine, maaf saya belum pernah minum wine anggur. Tapi menurut yang pernah aroma yang lebih mirip kalau rasanya tidak,hanya sedikit saja. Teknik pembuatan minuman ini sangat

Kopi Longberry I Trens Kopi Arabica Specialty

Sesuai dengan namanya Long = panjang, kopi ini memiliki panjang yang berbeda dengan kopi yang lain, di dataran tinggi gayo kopi longberry  dipilih atau diambil dari varietas kopi Abesenia, karena ukuran buah kopi ini memiliki ukuran yang panjang. Kopi Longberry I Trens Arabica Specialty Dalam prakteknya kopi yang dihasilkan dari varietas Abesenia ini disebut dengan kopi longberry, ketika panen dan diproses sampai jadi green bean kopi yang benar-benar panjang dipilih dan dipisahkan, karena tidak semua hasil panen dari jenis abesenia ini menjadi kopi longberry,hanya 40-60 % saja yang panjang biji kopinya nah inilah kopi yang dipasarkan dan diproses lebih lanjut, baik sebagai kopi roasted longbery atau bubuk longberry. Persentase Persentase kopi yang dihasilkan yang benar-benar panjang dari varietas ini berbeda-beda sangat tergantung pada sistem budidaya kopi yang dilakukan oleh petani, petani yang merawat kebunnya dengan sistem budidaya yang baik dengan didukung oleh tanah yang sub

Label Halal untuk Semua Produk Asa Kopi

Kopi yang memiliki label halal merupakan tuntutan pasar karena mencerminkan keamanan sebuah produk yang secara umum dapat dikatakan bahwa produk yang telah diberi label halal itu tidak ada mengandung najis atau kotoran. Sertifikat halal ialah fatwa tertulis majelis ulama Indonesia MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk termasuk kopi sesuai dengan syari’at islam. Sertifikat atau label halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantumam label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Label halal itu dikeluarkan oleh majelis ulama indonesia dengan memberikan sertifikat halal dengan mencantumkan nomor sertifikasi, kami Asa coffee memiliki label halal dengan nomor : 14120000010516 produk halal yang disahkan adalah Label halal untuk kopi arabika specialty, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi luwak liar arabika gayo, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi robusta gayo