Langsung ke konten utama

Teknik Dasar Cara Membuat Kopi Enak

Cara membuat kopi yang enak adalah suatu pertanyaan yang sering kita dapat dari pelanggan yang membeli kopi di cafe shop kami Asa Kopi Gayo. Atau bagi para pemula yang ingin belajar banyak tentang kopi salah yang menjadi pertanyaan bagi mereka pelanggan. Karena itu sangat penting agar jangan kopi yang dibeli tersebut tidak mengeluarkan cita rasa yang maksimal.
Sebelum berbicara.... salah sebelum menulis tentang cara membuat kopi kita akan membagi beberapa macam jenis kopi yang akan kita buat, bertujuan agar anda bisa memilih kopi apa yang ingin anda buat, mari baca terus.
Alat yang digunakan harus benar-benar bersih dan bahan yang paling dibutuhkan untuk membuat kopi enak adalah air, jika komponen kedua ini telah terpenuhi maka bahan selanjutnya yang menentukan kopi itu enak adalah bubuk kopi dan cara membuatnya.

Cara Membuat Kopi Tubruk

Cara membuat kopi ini adalah cara yang paling sederhana karena cara ini yang paling sering dilakukan oleh masyarakat umum dan cara membuat kopi ini yang paling ideal, ekonomis dan tidak pernah ketinggalan zaman.
Bahan yang dibutuhkan hanya gelas ,sendok, air panas, bubuk kopi  gayo kalau mau yang lebih enak harus bubuk kopi merek ASA KOPI .... hehehe.
Masaklah air sampai 100C lalu biarkan 1 menit agar suhu airnya turun sedikit menjadi 98C, siapkan gelas lalu masukkan bubuk kopi sebanyak satu sendok makan atau sekitar 8-10 gram tergantung sesuai selera
Langkah pertama tuanglah bubuk kopi pada gelas, lalu masukkan air tapi secara perlahan sebisa mungkin penuangan air itu tinggi ditarik dari bawah ke atas secara perlahan, sebelum air penuh usahakan bubuk kopi basah semuanya. Lalu biarkan 2 sampai 3 menit baru diaduk.tambahkan gula menurut selera anda, jika bubuk kopinya terapung karena agak kasar diaduk perlahan sampai semua tenggelam.
cara membuat kopi enak

Cara Membuat Kopi Enak Menggunakan alat French Press

Bersihkan peralatan siapkan bubuk kopi andalan anda, namun harus diingat karena ini untuk kopi french press bubuk kopinya bagus yang agak kasar. Seperti pada pembuatan kopi tubruk siapkan air yang enak dan matangkan pada suhu 100C, kosongkan gelasnya lalu masukkan bubuk kopi berdasarkan kebutuhan untuk satu gelas 10-14 gram untuk 2 gelas 25-30 gram biasanya cara membuat kopi dengan french press lebih banyak butuh bubuk kopi.
Tuanglah air secukupnya berdasarkan takaran biarkan 1 sampai 2 menit baru masukkan penyaring secara perlahan, jangan didorong kebawah secara cepat tapi harus perlahan, tekan dan istirahat, tekan dan istirahat begitu seterusnya sampai menyentuh bubuk kopi, waktu yang dibutuhkan sekitar 2-3 menit, karena apabila dipaksa peralatannya cepat pecah dan rasa kopinya kurang sempurna.
Tuanglah pada gelas dan saya sarankan jangantambah gula, karena minum kopi yang sehat itu tanpa gula.
Hanya ini dulu cara membuat kopi yang enak, masih banyak cara membuat kopi lainnya kita kupas dalam tulisan selanjutnya.


BACA JUGA : Masa Panen Kopi Luwak Gayo

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Label Halal untuk Semua Produk Asa Kopi

Kopi yang memiliki label halal merupakan tuntutan pasar karena mencerminkan keamanan sebuah produk yang secara umum dapat dikatakan bahwa produk yang telah diberi label halal itu tidak ada mengandung najis atau kotoran. Sertifikat halal ialah fatwa tertulis majelis ulama Indonesia MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk termasuk kopi sesuai dengan syari’at islam. Sertifikat atau label halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantumam label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Label halal itu dikeluarkan oleh majelis ulama indonesia dengan memberikan sertifikat halal dengan mencantumkan nomor sertifikasi, kami Asa coffee memiliki label halal dengan nomor : 14120000010516 produk halal yang disahkan adalah Label halal untuk kopi arabika specialty, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi luwak liar arabika gayo, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi robusta gayo

Kopi Wine Aromanya Bikin Kita Melayang

Kopi wine  mungkin banyak yang  belum tahu tentang kopi ini, begitu kita mendengarnya . Pasti akan muncul pertanyaan banyak di benak kita, paling tidak bertanya dalam hati “ini jenis kopi apa lagi”? Rasa penasaran ini karena nama “wine” adalah minuman anggur yang mengandung alkohol. Lalu apakah rasanya sama seperti minuman wine anggur, dan apakah kopinya mengandung alkohol ? Namanya muncul di tengah naik daunnya industri kopi. Khususnya tentang beragamnya jenis kopi, seperti kopi peaberry,kopi longberry dan nama kopi lainnya. Siapa yang membuat nama tersebut penulis belum tahu tapi penulis akan mengunggkap sebab di sebutnya “ kopi wine” ini. Aromanya inilah yang menyebabkan namanya di sebut “kopi wine” karena aromanya mirip benar dengan minuman wine anggur. Lalu apakah rasa kopinya jika di seduh rasanya seperti wine, maaf saya belum pernah minum wine anggur. Tapi menurut yang pernah aroma yang lebih mirip kalau rasanya tidak,hanya sedikit saja. Teknik pembuatan minuman ini sangat

Kopi Longberry I Trens Kopi Arabica Specialty

Sesuai dengan namanya Long = panjang, kopi ini memiliki panjang yang berbeda dengan kopi yang lain, di dataran tinggi gayo kopi longberry  dipilih atau diambil dari varietas kopi Abesenia, karena ukuran buah kopi ini memiliki ukuran yang panjang. Kopi Longberry I Trens Arabica Specialty Dalam prakteknya kopi yang dihasilkan dari varietas Abesenia ini disebut dengan kopi longberry, ketika panen dan diproses sampai jadi green bean kopi yang benar-benar panjang dipilih dan dipisahkan, karena tidak semua hasil panen dari jenis abesenia ini menjadi kopi longberry,hanya 40-60 % saja yang panjang biji kopinya nah inilah kopi yang dipasarkan dan diproses lebih lanjut, baik sebagai kopi roasted longbery atau bubuk longberry. Persentase Persentase kopi yang dihasilkan yang benar-benar panjang dari varietas ini berbeda-beda sangat tergantung pada sistem budidaya kopi yang dilakukan oleh petani, petani yang merawat kebunnya dengan sistem budidaya yang baik dengan didukung oleh tanah yang sub