Langsung ke konten utama

12 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Kopi Arabika dan Robusta – Menikmati kopi di kafe sambil bercengkrama dengan sahabat mungkin sudah menjadi aktivitas yang rutin dilakukan. Tak heran jika belakangan banyak kedai kopi yang mulai bermunculan di mana-mana. Meskipun begitu, apakah kalian tahu jenis kopi apa yang sedang kalian nikmati?
Bagi para pecinta kopi, pasti sudah tidak asing dengan kedua jenis kopi ini, karena kedua jenis varietas kopi ini memang cukup populer di Indonesia bahkan seluruh dunia. Meski saat diolah memiliki rasa yang hampir mirip, kedua kopi tersebut tetap memiliki beberapa perbedaan.
Nah, bagi kalian yang belum mengetahui perbedaan antara keduanya, yuk simak penjelasannya!

Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

1. Usia Kopi

ini dia perbedaan kopi arabika dan robusta
Sumber Gambar: Tibaagan Coffees
Salah satu hal yang membedakan kopi robusta dan arabica adalah usia dari kopi itu sendiri. Biji kopi arabica merupakan jenis kopi pertama yang pernah dikonsumsi, sedangkan kopi robusta baru ditemukan kurang lebih 100 tahun setelah arabica.
Sehingga tak heran jika kopi Arabica mampu menguasai pangsa pasar hingga 70% di dunia.

2. Bentuk Biji Kopi Arabika dan Robusta

 perbedaan kopi robusta dan arabika
Sumber Gambar: Aquaspresso
Kalian dapat membedakan kedua jenis kopi ini dengan melihat bentuk bijinya. Biji kopi Arabica cenderung lebih besar dan lonjong serta pipih, sedangkan biji kopi Robusta memiliki bentuk bulat penuh.

3. Tingkat Kafein

kopi arabika
Sumber Gambar: Espresso Perfecto
Bagi kalian yang suka mengonsumsi kopi agar tetap terjaga di malam hari, minumlah kopi Robusta, sebab biji kopi Robusta memiliki kandungan kafein sebesar 2,2 hingga 2,7%.
Sedangkan biji kopi Arabica hanya memiliki kandungan kafein yang lebih kecil dari robusta, yakni sebesar 1,1% hingga 1,5% saja.

4. Kandungan Lemak dan Gula

asa kopi gayo
Sumber Gambar: Pixabay
Selain kafein, kandungan lemak dan gula yang dimiliki kedua jenis biji kopi ini sangat berbeda. Arabica memiliki kandungan lemak dan gula yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Robusta.
Arabica memiliki kandungan lemak hingga 60% serta memiliki kandungan gula lebih banyak 2 kali lipat dibanding Robusta.


BACA JUGA : Kopi Arabika : Jenis dan Karakteristiknya

Dapatkan produk Kopi Arabika dan Robusta terbaik di Asa Kopi Gayo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kopi Wine Aromanya Bikin Kita Melayang

Kopi wine  mungkin banyak yang  belum tahu tentang kopi ini, begitu kita mendengarnya . Pasti akan muncul pertanyaan banyak di benak kita, paling tidak bertanya dalam hati “ini jenis kopi apa lagi”? Rasa penasaran ini karena nama “wine” adalah minuman anggur yang mengandung alkohol. Lalu apakah rasanya sama seperti minuman wine anggur, dan apakah kopinya mengandung alkohol ? Namanya muncul di tengah naik daunnya industri kopi. Khususnya tentang beragamnya jenis kopi, seperti kopi peaberry,kopi longberry dan nama kopi lainnya. Siapa yang membuat nama tersebut penulis belum tahu tapi penulis akan mengunggkap sebab di sebutnya “ kopi wine” ini. Aromanya inilah yang menyebabkan namanya di sebut “kopi wine” karena aromanya mirip benar dengan minuman wine anggur. Lalu apakah rasa kopinya jika di seduh rasanya seperti wine, maaf saya belum pernah minum wine anggur. Tapi menurut yang pernah aroma yang lebih mirip kalau rasanya tidak,hanya sedikit saja. Teknik pembuatan minuman ini sangat

Kopi Longberry I Trens Kopi Arabica Specialty

Sesuai dengan namanya Long = panjang, kopi ini memiliki panjang yang berbeda dengan kopi yang lain, di dataran tinggi gayo kopi longberry  dipilih atau diambil dari varietas kopi Abesenia, karena ukuran buah kopi ini memiliki ukuran yang panjang. Kopi Longberry I Trens Arabica Specialty Dalam prakteknya kopi yang dihasilkan dari varietas Abesenia ini disebut dengan kopi longberry, ketika panen dan diproses sampai jadi green bean kopi yang benar-benar panjang dipilih dan dipisahkan, karena tidak semua hasil panen dari jenis abesenia ini menjadi kopi longberry,hanya 40-60 % saja yang panjang biji kopinya nah inilah kopi yang dipasarkan dan diproses lebih lanjut, baik sebagai kopi roasted longbery atau bubuk longberry. Persentase Persentase kopi yang dihasilkan yang benar-benar panjang dari varietas ini berbeda-beda sangat tergantung pada sistem budidaya kopi yang dilakukan oleh petani, petani yang merawat kebunnya dengan sistem budidaya yang baik dengan didukung oleh tanah yang sub

Label Halal untuk Semua Produk Asa Kopi

Kopi yang memiliki label halal merupakan tuntutan pasar karena mencerminkan keamanan sebuah produk yang secara umum dapat dikatakan bahwa produk yang telah diberi label halal itu tidak ada mengandung najis atau kotoran. Sertifikat halal ialah fatwa tertulis majelis ulama Indonesia MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk termasuk kopi sesuai dengan syari’at islam. Sertifikat atau label halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantumam label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Label halal itu dikeluarkan oleh majelis ulama indonesia dengan memberikan sertifikat halal dengan mencantumkan nomor sertifikasi, kami Asa coffee memiliki label halal dengan nomor : 14120000010516 produk halal yang disahkan adalah Label halal untuk kopi arabika specialty, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi luwak liar arabika gayo, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi robusta gayo