Langsung ke konten utama

Kopi Longberry I Trens Kopi Arabica Specialty

Sesuai dengan namanya Long = panjang, kopi ini memiliki panjang yang berbeda dengan kopi yang lain, di dataran tinggi gayo kopi longberry  dipilih atau diambil dari varietas kopi Abesenia, karena ukuran buah kopi ini memiliki ukuran yang panjang.
harga kopi longberry

Kopi Longberry I Trens Arabica Specialty

Dalam prakteknya kopi yang dihasilkan dari varietas Abesenia ini disebut dengan kopi longberry, ketika panen dan diproses sampai jadi green bean kopi yang benar-benar panjang dipilih dan dipisahkan, karena tidak semua hasil panen dari jenis abesenia ini menjadi kopi longberry,hanya 40-60 % saja yang panjang biji kopinya nah inilah kopi yang dipasarkan dan diproses lebih lanjut, baik sebagai kopi roasted longbery atau bubuk longberry.

Persentase

Persentase kopi yang dihasilkan yang benar-benar panjang dari varietas ini berbeda-beda sangat tergantung pada sistem budidaya kopi yang dilakukan oleh petani, petani yang merawat kebunnya dengan sistem budidaya yang baik dengan didukung oleh tanah yang subur maka presentase kopi yang dihasilkan mencapai 80% sampai dengan 90% jadi biji kopi longberry begitu sebaliknya jika sistem budidaya dan tanah kebun penanaman jenis Abesenia sangat tidak subur maka yang didapat hanya 10% sampai dengan 20% saja yang bisa dikategorikan sebagai kopi longberry atau kopi berukuran panjang.
Lalu kenapa masuk dalam katogari specialty, tentu karena citrarasanya yang khusus dan kopi ini hanya dipilih dari satu varietas secara bahasa perkopian ada yang menyebut dengan single variety. Meskipun kopi ini termasuk pada kopi specialty hal ini tentu harus didukung dari teknik pasca panen  yang baik dan benar, karena sehebat apapun kopi yang dihasilkan oleh petani dari hasil budidaya yang baik jika tidak didukung dengan sistem pasca panen bisa jadi kopinya tidak beharga, untuk itu semua proses kopi itu harus benar, begitu seterusnya setelah kopi longberry tersebut baik dan bagus budidaya termasuk pasca panen namun tidak baik dalam roasting tentu berpengaruh pada hasilnya.
harga kopi longberry
Kopi longberry jumlahnya sangat sedikit mungkin hanya 3 atau 5 persen saja dari jumlah kopi didataran tinggi gayo.  Jadi jika ingin memasarkan atau ingin memiliki stok kopi longbery ini. Dalam jumlah yang besar perlu waktu dan biaya termasuk tenaga yang ekstra. Kita akan melakukannya jika sudah ada permintaan khusus atau kontrak secara tertulis dengan buyer tentang jumlah dan qualitas yang diinginkan

Asal Usul

Asal usul kopi ini penulis tidak begitu memahami. Sekilas berita yang kita dengar kopi ini berasal dari kampung Blang Gele kecamatan Bebesan Kabupaten Aceh Tengah. Jika ingin melihat silahkan berkunjung kekampung tersebut, jaraknya sekitar 4 km dari pusat kota takengon. Karena kopi ini begitu terkenal. Para petani mulai menanam kopi longberry pada kebun baru maupun sebagai tanaman kopi pengganti yang telah mati pada kebun mereka. Saat ini harga bibitnya yang berkualitas super sangat mahal untuk bibit kopi longberry gabah. Harganya sekitar 200 ribu per bambu, harga bibit kopi yang sudah dalam polybag yang berumur 6-8 bulan sekitar 5000-8000 rupiah.
Secara umum kita katakan bahwa harga kopi ini tergantung pada kualitasnya. Jika anda ingin mencicipi  dan mencoba kopi ini silahkan di order pada kami. Atau datang aja ke cafe shop asa coffee di takengon tepatnya di jalan lebe kader. Untuk pemesanan tidak ada minimum order karena ongkos kirim ditanggung oleh pembeli.
Untuk informasi harga silahkan baca “produk dan harga asa kopi gayo” yang memuat informasi harga kopi yang kami tawarkan.
Penulis : Armiyadi I Founder ASA COFFEE.


BACA JUGA : Produk dan Harga Asa Kopi Gayo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kopi Wine Aromanya Bikin Kita Melayang

Kopi wine  mungkin banyak yang  belum tahu tentang kopi ini, begitu kita mendengarnya . Pasti akan muncul pertanyaan banyak di benak kita, paling tidak bertanya dalam hati “ini jenis kopi apa lagi”? Rasa penasaran ini karena nama “wine” adalah minuman anggur yang mengandung alkohol. Lalu apakah rasanya sama seperti minuman wine anggur, dan apakah kopinya mengandung alkohol ? Namanya muncul di tengah naik daunnya industri kopi. Khususnya tentang beragamnya jenis kopi, seperti kopi peaberry,kopi longberry dan nama kopi lainnya. Siapa yang membuat nama tersebut penulis belum tahu tapi penulis akan mengunggkap sebab di sebutnya “ kopi wine” ini. Aromanya inilah yang menyebabkan namanya di sebut “kopi wine” karena aromanya mirip benar dengan minuman wine anggur. Lalu apakah rasa kopinya jika di seduh rasanya seperti wine, maaf saya belum pernah minum wine anggur. Tapi menurut yang pernah aroma yang lebih mirip kalau rasanya tidak,hanya sedikit saja. Teknik pembuatan minuman ini sangat

Label Halal untuk Semua Produk Asa Kopi

Kopi yang memiliki label halal merupakan tuntutan pasar karena mencerminkan keamanan sebuah produk yang secara umum dapat dikatakan bahwa produk yang telah diberi label halal itu tidak ada mengandung najis atau kotoran. Sertifikat halal ialah fatwa tertulis majelis ulama Indonesia MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk termasuk kopi sesuai dengan syari’at islam. Sertifikat atau label halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantumam label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Label halal itu dikeluarkan oleh majelis ulama indonesia dengan memberikan sertifikat halal dengan mencantumkan nomor sertifikasi, kami Asa coffee memiliki label halal dengan nomor : 14120000010516 produk halal yang disahkan adalah Label halal untuk kopi arabika specialty, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi luwak liar arabika gayo, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi robusta gayo