Langsung ke konten utama

Perkembangan Terbaru Harga Kopi Gayo

Harga kopi gayo saat ini berpedoman pada pasar Amerika Serikat sering orang menyebutnya dengan “Terminal New York”, karena era informasi yang bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk diketahui dan mendapatkan harga kopi yang terkini atau up to date. Penentuan harga kopi ditingkat eksportir berpedoman pada harga jual dikurangi dengan biaya atau kost yang dikeluarkan dalam proses produksi di tambah sedikit keuntungan yang diambil oleh pengusahanya.


harga kopi gayo
Sebagai contok harga kopi yang dijual daam bentuk ready (siap eksport) keluar negeri $ 5, kalau kurs rupiah pada saat transaksi Rp.13.800,- maka dapat kita kalikan $ 5 x 13.800 = Rp.69.000/kg green kopi ready. Kalau demikian maka eksportir akan membeli dari tingkat pedagang local maksimal Rp.65.000,- karena ada biaya ekspor dan keuntungan yang harus dikeluarkan.
Penentuan harga kopi untuk kopi asalan di bawah 65.000,- karena harus di proses kembali dan masih mengalami penyusutan. Demikian juga dengan penentuan harga kopi gabah akan berkisar antara 25.000/bamboo (satu bamboo sama dengan 2 liter) sampai dengan 28.000,-/bambu.

Kualitas Kopi Menentukan Harga

Harga kopi gelondong, harga kopi gabah dan harga kopi asalan sangat ditentukan oleh kualitas kopi itu sendiri dan ini sangat di pengaruhi oleh masa panen, kalau masa awal panen, harga kopi cenderung kurang baik artinya murah Karena kualitas yang dihasilkan/hasil akhirnya (rendemen) sangat sedikit. Berbeda dengan masa pertengahan panen kualitas kopi akan lebih baik dan berpengaruh pada harga kopi.
Hal yang aneh untuk harga kopi sering kali terjadi di Dataran Tinggi Gayo adalah harga kopi yang cenderung turun/murah pada saat tidak panen dan cenderung naik saat panen kopi mulai banyak ini suda menjadi kebiasaan dan hampir terjadi setiap tahun.

Ada 4 Alasan Penyebab Harga Kopi Cenderung Turun Pada Saat Tidak Ada Panen

  1. Banyak pedagang yang tidak aktif atau tidak melakukan transaksi dagang/jual beli kopi
  2. Jumlah kopi ketika tidak dalam masa panen sangat sedikit sehingga waktu pengumpulannya memerlukan waktu yang lama, lamanya proses ini tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk menggaji tenaga kerja. Biasanya karyawan yang di pekerjakan pada industri kopi adalah harian.
  3. Paraeksportir pada waktu bukan musim panen tidak atau sangat jarang membuat kontrak penjualan kepada pembeliluar negeri, sehingga tidaka ada kegiatan untuk memenuhi kontrak penjualan.
  4. Kualitas kopi pada waktu tidak panen biasanya sangat rendah.
Harga kopi didataran tinggi gayo cenderung lebih tinggi dari pasar New Yok biasanya berkisar $ 1sampai dengan $2 perbedaannya, perbedaan ini dalam artian lebih tinggi di dataran tinggigayo, missal kalau di terminal New York harganya$ 3,5 maka di gayo harga kopi yang berlaku adalah $5,5.

Ada 3 Alasan Harga Kopi Gayo Lebih Tinggi dari Pasar New York

  1. Kopi gayo menerapkan kopi konservasi artinya lingkungan tempat budidaya kopi tersebut tidak meruak habitat atau ekosistem sebuah kawasan karena kopi gayo system budidayanya memakai nangan berupa pohon lamtoro, pohon pokat, ohon durian, pohon jeruk dan banyak jenis pohon lainnya sehingga kalau keti melihat amparan kopi dari udara hampir tidak kelihatan kecuali hamparan hutan kopi.
  2. Kopi gayo memiliki sertifikasi internasional, jumlah koperasi dan badan usaha lain yang mensertifikasi organic di dataran tinggi gayo lebih dari 25 perusahaan diantaranya 18 koperasiprodusen yang mengaplikasi langsung standar UE (eropa), USDA((amerika), dan JAS (jepang) dalam budidaya dan praktek berkebun kopi para anggotanya, sertifikasi lainnya yang sudah diaplikasi oleh perusahaan-perusahaan tersebut adalah sertifikasi FTO(Fairtrade), Rin Fores, UTZ Certifiet, C.A.F.E practice.
  3. Kopi gayo memiliki citarasa yang khas atau specific, citarasa kopi yang istimewa ini merupakan hal yang perlu dibanggakan namun sangat berbahaya jika kita tidak bias menjaga dan mempertahankannya yang  akan berakibat pada reputasi yang kurang baik. Inilah 3 alasan kenapa harga kopi gayo tersebut lebih tinggi dari pasar New York.

Belum Berdampak Signifikan

Harga kopi  yang berlaku tinggi didataran tinggi gayo belum membawa perubahan yang signifikan kepada petani bahkan petani menganggap harga kopi saat ini belum tinggi hal ini karena produktivitas/hasil dari kebun petani sangat rendah kalau dihitung berdasarkan luas yang mereka kelola. Tudingan ini akan Nampak benar jika kita membandingkan harga opi gayo dari satu kecamatan dengan kecamatan lain yang ada di dataran tinggi gayo, karena harga yang berlaku di sentra kebunkopi arabika terluas di asia tenggara ini relative sama dengan  jika disbanding antar kecamatan, namun jika kitaingin membandingkannya dengan kopi lintong, kopi sidikala atau kopi mandailing bahkan jika kita banding dengan kopi dari papua atau Sulawesi jauh harga kopi gayo yang lebih tinggi dari mereka.

HARGA KOPI PRODUK ASA COFFEE

Kami Asa Coffee menyediakan produk kopi mulai dari gabah, green ban, biji roasted sampai pada bubuk kopi dengan harga terjangkau dengan kualitas terjamin, berikut adalah produk asa kopi

Harga Kopi Arabika Speciality Gayo

  1. Harga green bean kopi speciality yang kami jual adalah Rp. 85.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
  2. Harga roasted bean kopi speciality kami adalah Rp. 160.000,/Kg belum termasuk ongkos kirim.
  3. Harga bubuk kopi speciality kami adalah Rp. 160.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.

Harga Kopi Arabika Peaberry Gayo

Harga green bean kopi arabika peaberry gayo yang kami jual adalah Rp.120.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
Harga roasted bean kopi arabika peaberry gayo yang kami jual adalah Rp.230.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
Harga bubuk kopi arabika peaberry gayo kami adalah Rp.230.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.

Harga Kopi Luwak Arabika Liar Gayo

  1. Harga gabah kopi luwak liar arabika gayo yang kami jual adalah Rp.200.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
    1. Harga green bean kopi luwak liar arabika gayo yang kami jual adalah Rp.500.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
    1. Harga roasted bean kopi luwak liar arabika gayo kami adalah Rp.700.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
    1. Harga bubuk kopi luwak liar arabika gayo kami adalah Rp.700.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.

Harga Kopi Luwak Ternak Arabika Gayo

  1. Harga gabah kopi luwak ternak arabika gayo yang kami adaah Rp.150.000,-/Kg belum termasuk ongkoskirim.
  2. Harga green bean kopi luwak arabika gayo yang kamijual adalah Rp.400.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
  3. Harga roasted bean kopi luwak ternak arabika gayo yang kami jual adalah R p.600.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
  4. Harga bubukkopi luwak ternak arabika gayo yang kami jualadalah Rp.600.000,-/Kg belum termasuk ongkos kirim.
Untuk anda yang butuh kopi gayo segera hubungi kami Asa Coffe di Jalan lebe kader simpang wariji takengon aceh tengah.
Hp & Whatsapp          : 0811 6888 665
e-mail                          :Armiyadi.aman.agro@gmail.com
PB                               : ASA COFFEE


BACA JUGA : BACA JUGA : Selamat Datang di Situs Produsen Kopi Gayo

Dapatkan produk kopi gayo terbaik dengan harga terbaik hanya di Asa Kopi Gayo 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kopi Wine Aromanya Bikin Kita Melayang

Kopi wine  mungkin banyak yang  belum tahu tentang kopi ini, begitu kita mendengarnya . Pasti akan muncul pertanyaan banyak di benak kita, paling tidak bertanya dalam hati “ini jenis kopi apa lagi”? Rasa penasaran ini karena nama “wine” adalah minuman anggur yang mengandung alkohol. Lalu apakah rasanya sama seperti minuman wine anggur, dan apakah kopinya mengandung alkohol ? Namanya muncul di tengah naik daunnya industri kopi. Khususnya tentang beragamnya jenis kopi, seperti kopi peaberry,kopi longberry dan nama kopi lainnya. Siapa yang membuat nama tersebut penulis belum tahu tapi penulis akan mengunggkap sebab di sebutnya “ kopi wine” ini. Aromanya inilah yang menyebabkan namanya di sebut “kopi wine” karena aromanya mirip benar dengan minuman wine anggur. Lalu apakah rasa kopinya jika di seduh rasanya seperti wine, maaf saya belum pernah minum wine anggur. Tapi menurut yang pernah aroma yang lebih mirip kalau rasanya tidak,hanya sedikit saja. Teknik pembuatan minuman ini sangat

Kopi Longberry I Trens Kopi Arabica Specialty

Sesuai dengan namanya Long = panjang, kopi ini memiliki panjang yang berbeda dengan kopi yang lain, di dataran tinggi gayo kopi longberry  dipilih atau diambil dari varietas kopi Abesenia, karena ukuran buah kopi ini memiliki ukuran yang panjang. Kopi Longberry I Trens Arabica Specialty Dalam prakteknya kopi yang dihasilkan dari varietas Abesenia ini disebut dengan kopi longberry, ketika panen dan diproses sampai jadi green bean kopi yang benar-benar panjang dipilih dan dipisahkan, karena tidak semua hasil panen dari jenis abesenia ini menjadi kopi longberry,hanya 40-60 % saja yang panjang biji kopinya nah inilah kopi yang dipasarkan dan diproses lebih lanjut, baik sebagai kopi roasted longbery atau bubuk longberry. Persentase Persentase kopi yang dihasilkan yang benar-benar panjang dari varietas ini berbeda-beda sangat tergantung pada sistem budidaya kopi yang dilakukan oleh petani, petani yang merawat kebunnya dengan sistem budidaya yang baik dengan didukung oleh tanah yang sub

Label Halal untuk Semua Produk Asa Kopi

Kopi yang memiliki label halal merupakan tuntutan pasar karena mencerminkan keamanan sebuah produk yang secara umum dapat dikatakan bahwa produk yang telah diberi label halal itu tidak ada mengandung najis atau kotoran. Sertifikat halal ialah fatwa tertulis majelis ulama Indonesia MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk termasuk kopi sesuai dengan syari’at islam. Sertifikat atau label halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantumam label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Label halal itu dikeluarkan oleh majelis ulama indonesia dengan memberikan sertifikat halal dengan mencantumkan nomor sertifikasi, kami Asa coffee memiliki label halal dengan nomor : 14120000010516 produk halal yang disahkan adalah Label halal untuk kopi arabika specialty, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi luwak liar arabika gayo, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi robusta gayo