Langsung ke konten utama

Kopi Luwak Yang Benar

Di dataran tinggi gayo kopi luwaknya adalah kopi luwak arabika gayo sehingga kenapa disebut kopi luwak arabika gayo ?, yaa karena di gayo varietas kopi yang di tanam 90% arabika yaitu dengn banyak varietas seperti Gayo, Gayo II Lini S dan banyak lain sebagainya.
Kenapa disebut kopi luwak atau kopi luak…. Ada yag bisa jawab? (orang cari jawaban ko dapat pertanyaan) menurut Armiyadi (yang punya website) ini yaitu karena kopi tersebut dimakan oleh binatang/hewan yang bernama luwak dan kopi yang dimakan oleh luwak tersebut berbeda rasanya dengan kopi yang lain karena proses fermentasinya didalam perut hewan tersebut sehingga dari segi harga sangat berbeda dengan yang lain.

Keunikan Kopi Luwak Arabika Gayo

Kopi luwak arabika gayo adalah kopi yang unik baik dari sisi proses, rasa dan harga. Dari sisi proses kopi luwak atau ada juga orang menyebutnya kopi luak beda “W” aja, mana yang benar? Tergantung anda saja yaaa…. Dari sisi proses kopi luwak arabika gayo diproses di dalam perut hewan yang bernama musang anda dapat melihat gambarnya pada website asakopigayo.com ini.
Kopi luwak diproses dalam perut hewan liar musang yang dalam suhu dan temperature sesuai kondisi perut hewan tesebut dan dalam waktu yang tidak terlalu lama mungkin 3 sampai dengan 5 jam, tapi itu belum diteliti lo hanya estimasi karena hewan ini biasa mengeluarkan kotorannya yang encer apalagi jika dia lagi lapar dan lagi doyan ama kopi dia (musang/luwak/luak) makan banyak dan mencret, itu dilihat dari kotoran yang ditinggalkan, bahkan ada yang berhamburan (musempur/bahasa gayo).

Pastika Keaslian Kopi Luwak

Dari ciri tersebut jika ada orang yang menawarkan kopi luwak liar itu ada yang bongkahan dan di panennya musim hujan…? Nampaknya perlu dipertanyakan deh keaslian kopi luwak tersebut, karena kopi luwak gayo itu yang liar sangat susah mendapatkan dalam bentuk bongkahan karena begitu dikeluarin ama itu musang terus kena ujan deh… nah pasti pecahkan. Kecuai luwak tersebut mengeluarkan kotorannya tersebut pada musim kemarau tapi kita bias bertanya kembali pada saat kapankah musim panen kopi didataran tinggi gayo itu pada musim kemarau?
Kopi luwak sangat banyak beredar dipasaran baik di café shop atau dalam bentuk retail saat ini namun banyak pembeli yang meragukan tentang kualitas dan keoriginalan kopi tersebut, penuis akan membahas sedikit bebrapa alas an dan penyebab kopi luwak tersebut diragukan.
KOPI LUWAK BISA DIKETAHUI OLEH ORANG YANG BENAR MENGERTI CITA RASA KOPI
kopi luwak
Cita rasa kopi luwak itu unik, cita rasa yang unik ini hanya bias dikecap oleh lidah yang terlatih dan mustahilbisa dikecap oleh orang awam sehinggabisa kita simpulkan orang biasa yang tidak memahami citarasa kopi pasti tidak bisa membedakan kopi luwak atau bukan.
Perbedaan cita rasa yang sangat tipis ini bias kita ketahui jika kita sering melatih lidah memahami cita rasa kopi, secara umumilmu pengetahuan tentang cita rasa kopi ini disebut organliptik.

Ciri-ciri Umum Aroma Kopi Luwak Gayo

kopi luwak asa kopi gayo
  • Aroma floral (bau bunga-bunga hitan)biasanya sangat kaya.
  • Aroma fruity9buah-buahan) bias saja aroma jeruk, markisah, papaya, dan sebagainya.
  • Aroma earty (berbau tanah) bau atau aroma yang dimaksud disisni adalah aroma tanah yang sangat specific, halus dan menyenangkan, definisi erty sendiri sangat banyak tapi kita hanya mengambil istilah erty yang disuka atau tidak.

Beda Wiayah Sumber Akan Berbeda Cita Rasanya

luwak arabika gayo
Hamparan kopi gayo yang sangat beragam mulai dari dataran yang memiliki ketinggian tempat 900 mdpl sampai dengan 1600 mdpl membuat beragam juga cita rasa yang dihasilkanjika dikombinasikan lagi dengan beragamnya varietas yang dikembangkan oleh parapetani kopi gayo membuat cita rasa dan aroma kopi gayo sangat unik dan banyak.
Ulasan tersebut membuatkopi luwak gayo juga beragam dalam satu tempat misalnya dari kecamatan batu lintang aceh tengah dan kaau kita bandingkan dengan kopi luwak yang kita kumpulkan dari daerah kecamatan rusip antara tentu akan berbeda, perbedaan ini disebabkan oleh varietas kopi, ketinggian tempat serta lingkungan kehidupanhewan luwak tersebut yaitu berupa hutan dan makanan yang tersedia pada hutan tempat hewan musang hidup.

Perbedaan Cita Rasa

Perbedaan tersebut akan menghasilkan perbedaan cita rasa dari masing-masing daerah, namun tentu hanya orang terlatih dan orang yang meneliti aroma dan citarasa saja yang bias mengklasifikasi perbedaan kopi luwak tersebut.
Kami ASA COFFEE mengolah kopi luwak dengan terlebih dahulu melakukan peatihan kepada anggota yang akan mengumpulkannya pada kebun mereka atau pada hutan dan semak yang berada pada lingkungan anggotakelompok kami pelatihanini meliputi :
kopi luwak gayo
  1. Bagaimana cara mengumpulkan kopi luwak yang berkualitas
  2. Bgaimana membedakan kopi luwak yang telah berumur1,2,3hari atau 1,2 minggu atau 1,2 bulan sudah berbeda dilapangan atau berapa lama sebenarnya kopi luwak tersebut dikeluarkan oleh hewan tersebut.
  3. Cara memproses dengan benar agar aroma dan cita rasa yang seharusnya adatidak hilang.
Pengumpulan dan pengklasifikasian merupakan halyang paling penting dalam bisnis kopi luwak, karena jika kita salah dalam menyajikan dan menjual kopi luwak maka bukan saja reputasi sebuah nama peusahaan yang jadi rusak dan tercoreng tapi akan dituding sumbernya dan ini merupakan bencana bagi bisnis kopi luwak dan pecinta cinta rasa kopi luwak, semoga tulisan ini bermanfaat dan data menjadi referensi agar kita lebih peduli dan hati-hati terhada kopi luwak, Salam Armiyadi ASA COFFEE

PRODUK KOPI LUWAK ARABIKA GAYO ASA COFFEE

kopi luwak arabika gayo

Kami Menjual Gabah Kopi Luwak Gayo

Kami menjual kopi luwak arabikan gayo dalam bentuk gabah (parchment) yang kami olah dari gabah basah yang dikumpulkan oleh petani terlatih, alas an kami membeli kopiluwak yang basah karena akan memudahkan kami dalam menyeleksi dn menganalisa, basah yang kami maksud disini adalah kopi luwak segar, karena jika sudah kering akan sulit untuk mengenali dan meneliti kebenaran dan keaslian kopi luwak. Jika masi segar, aroma dan ciri kopi luwak lainnya dapat kita kenali dari lender dan gabungan sisa-sisa makanan yang terbawa atauyangikut dimakan oleh hewan musang tersebut. Kopi luwak yang segar  ini kami olah berdasarkan permintaan apakah permintaan pembeli dicuci atau tidak dicuci langsung dijemur. Proses ini dilakukan menurut Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah kami tetapkan.
Tidaksemua kopi yang dibawa member kami beli, kami hanya membeli jika standar yang kami tetapkan pada training yang telah kami lakukan dipatuhi, artinya kita tidak membeli kopi luwak yang ciri dan aromanya tidak lagi mencerminkan kopi luwak walaupun benar itu kopi luwak, karena kopi luwak hanya dipasarkan karenakarakteristik citarasa yang khas.

Kami Menjual Green Bean Kopi Luwak Gayo

Kopi luwak segar yang sudah dibeli dari member diproses dengan menjemur kopi luwak tersebutsampai pada kadar air 12%. Proses penjemuran merupakan halyang tidak kalah palingnya dengan proses yang lain karena kopi luwak yang tidak dicuci, karena penjemuran yang dilakukan tersebut masih terbungkus dengan kulit tanduk sehingga penjemurannya memerlukan waktu 5 sampai 8 hari.
Proses penjemurannya yang membutuhkan waktu lama ini akan membutuhkan perhatian yang serius karena setiap hari dijemur lalu diangkat pada sor hari itupun kalaucuaca bagus jika cuaca kurang bagus maka bias saja hanya 1 jam atau 2 jam per hari. Ketika diangkat kopi tersebut harus dibungkus rapid an tidak bias terkontaminasi dengan bahan yang berbau apalagi jika ruangannya lembab maka akan berpengaruh pada aromanya.
Penyimpanan yang tepat akan menjaga aroma dan cita rasanya, banyak sekali pengumpul kopi luwak yang mengabaikan proses yang menurut penulis sangat penting, sehingga berakibat hilangkan citarasa dan aroma pada produk mereka.
Proses selanjutnya adalah menghulling kopi luwak tersebut dan diteruskan dengan proses seleksi atau pengklasifikasian biji cacat dan bii bagus.

Kami Menjual Kopi Luwak Arabika Gayo Biji Roasted

kopi luwak arabika gayo
Green beannya yang telah diseleksi sudah bias di roasting, sebelum diroasting kita dapat mengenai ciri kopi yang baik dari sisi aromanya seperti yang saya jelaskan sebelumnya diatas. Proses roasting merupakan kunci lainnya yang sangat penting juga, apakah proses roastingnya past-Slow atau sebaliknya slow to past istilah ini juga hanya diketahui oleh roaster yang berpengalaman atau yang sudah mengikuti pelatihan meroasting.
Tipe roasting yang dibuat akan menentukan juga cita rasanya contoh tipe roasting light akan menghasilkan citarasadan aroma yang mantap tapi mungkin akan memunculkan sedikit rasa acidity, begitu juga jika tipe roasting yang dibuat medium atau dark akan menghasilkan cita rasa yang berbeda, ceritakan kebutuhan dan tipe roasting yang anda butuhkan kami ASA COFFEE siap membantu anda.
Hubungi kami di nomor HP & WhatsApp : 0811 68888 665 (marketing)
Silahkan hubungi kami melalui WA, LINE, BBM, SMS atau Telpon
E-mail : armiyadi.aman.agro@gmail.com


BACA JUGA : Perkembangan Terbaru Harga Kopi Gayo

Dapatkan produk Kopi Luwak Arabika Gayo dengan harga dan kualitas terbaik hanya di Asa Kopi Gayo

Komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kopi Wine Aromanya Bikin Kita Melayang

Kopi wine  mungkin banyak yang  belum tahu tentang kopi ini, begitu kita mendengarnya . Pasti akan muncul pertanyaan banyak di benak kita, paling tidak bertanya dalam hati “ini jenis kopi apa lagi”? Rasa penasaran ini karena nama “wine” adalah minuman anggur yang mengandung alkohol. Lalu apakah rasanya sama seperti minuman wine anggur, dan apakah kopinya mengandung alkohol ? Namanya muncul di tengah naik daunnya industri kopi. Khususnya tentang beragamnya jenis kopi, seperti kopi peaberry,kopi longberry dan nama kopi lainnya. Siapa yang membuat nama tersebut penulis belum tahu tapi penulis akan mengunggkap sebab di sebutnya “ kopi wine” ini. Aromanya inilah yang menyebabkan namanya di sebut “kopi wine” karena aromanya mirip benar dengan minuman wine anggur. Lalu apakah rasa kopinya jika di seduh rasanya seperti wine, maaf saya belum pernah minum wine anggur. Tapi menurut yang pernah aroma yang lebih mirip kalau rasanya tidak,hanya sedikit saja. Teknik pembuatan minuman ini sangat

Kopi Longberry I Trens Kopi Arabica Specialty

Sesuai dengan namanya Long = panjang, kopi ini memiliki panjang yang berbeda dengan kopi yang lain, di dataran tinggi gayo kopi longberry  dipilih atau diambil dari varietas kopi Abesenia, karena ukuran buah kopi ini memiliki ukuran yang panjang. Kopi Longberry I Trens Arabica Specialty Dalam prakteknya kopi yang dihasilkan dari varietas Abesenia ini disebut dengan kopi longberry, ketika panen dan diproses sampai jadi green bean kopi yang benar-benar panjang dipilih dan dipisahkan, karena tidak semua hasil panen dari jenis abesenia ini menjadi kopi longberry,hanya 40-60 % saja yang panjang biji kopinya nah inilah kopi yang dipasarkan dan diproses lebih lanjut, baik sebagai kopi roasted longbery atau bubuk longberry. Persentase Persentase kopi yang dihasilkan yang benar-benar panjang dari varietas ini berbeda-beda sangat tergantung pada sistem budidaya kopi yang dilakukan oleh petani, petani yang merawat kebunnya dengan sistem budidaya yang baik dengan didukung oleh tanah yang sub

Label Halal untuk Semua Produk Asa Kopi

Kopi yang memiliki label halal merupakan tuntutan pasar karena mencerminkan keamanan sebuah produk yang secara umum dapat dikatakan bahwa produk yang telah diberi label halal itu tidak ada mengandung najis atau kotoran. Sertifikat halal ialah fatwa tertulis majelis ulama Indonesia MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk termasuk kopi sesuai dengan syari’at islam. Sertifikat atau label halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan izin pencantumam label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Label halal itu dikeluarkan oleh majelis ulama indonesia dengan memberikan sertifikat halal dengan mencantumkan nomor sertifikasi, kami Asa coffee memiliki label halal dengan nomor : 14120000010516 produk halal yang disahkan adalah Label halal untuk kopi arabika specialty, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi luwak liar arabika gayo, mulai dari green bean, roasted bean dan bubuk kopinya. Label halal untuk kopi robusta gayo